Pages

Senin, 18 Juni 2012

Persiapan Pemeriksaan

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN (SERI PEMERIKSAAN - 39)
Surat Edaran Dirjen Pajak : SE-25/PJ.54/1988
Tanggal : 16-Jul-1988

1. UMUM

 1.1. Hingga saat ini dalam melaksanakan pemeriksaan pajak pada umumnya para petugas 

  pemeriksa telah melaksanakan berbagai prosedur pemeriksaan sebagaimana yang telah 

  ditetapkan di dalam Pedoman Induk Pemeriksaan Buku 1973 (PIPB 1973). Namun demikian 

  dalam banyak hal masih ditemukan adanya pelaksanaan prosedur pemeriksaan yang 

  dilakukan secara tidak seragam, pada hal pelaksanaan prosedur pemeriksaan tersebut 

  sangat penting dilakukan sebagai pertanggung jawaban petugas dalam melaksanakan 

  pemeriksaan. Ketidak seragaman ini mengakibatkan timbulnya kesan adanya kekurang 

  tertiban dalam melaksanakan prosedur pemeriksaan.

 1.2. Dalam PIPB 1973 sebenarnya telah digariskan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan 

  oleh pemeriksa di dalam melaksanakan pemeriksaan, seperti mengenai pelaksanaan 

  persiapan pemeriksaan, pembuatan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP), dan penyusunan 

  Laporan Pemeriksaan Pajak (LP). Namun dalam prakteknya hal-hal di atas belum 

  seluruhnya dapat dilaksanakan dengan baik, karena petunjuk pelaksanaannya yang lebih 

  terinci belum diberikan.

 1.3. Demikian halnya mengenai tata laksana pemeriksaan dan pedoman administrasi 

  pemeriksaan yang telah diatur dalam PIPB 1973. Tata laksana dan pedoman administrasi 

  pemeriksaan ternyata tidak seluruhnya dapat diterapkan saat ini, karena adanya perubahan 

  dalam sistim pemilihan SPT PPh yang harus diperiksa.

  Perubahan sistem pemilihan SPT PPh yang harus diperiksa ini mengakibatkan pula perlunya 

  dilakukan perubahan terhadap tata laksana pemeriksaan dan pedoman administrasi 

  pemeriksaan.

  Mulai dengan SPT PPh 1986 , sistem pemilihan SPT PPh 1770 dan 1771 yang harus 

  diperiksa didasarkan pada sistem kriteria seleksi yang penjelasannya telah disampaikan 

  kepada Saudara melalui Surat Edaran Seri Pemeriksaan-08 sampai dengan Seri 

  Pemeriksaan-38 serta SK No. 30/PJ/1987 dan No. 17/PJ.5/1988 mengenai Penelitian SPT 

  PPh.

 1.4. Selanjutnya agar terdapat keseragaman dalam melaksanakan suatu pemeriksaan, maka 

  dalam Surat Edaran ini diberikan petunjuk kepada Saudara mengenai hal-hal yang perlu 

  diperhatikan dalam melaksanakan pemeriksaan SPT PPh 1770 dan 1771, baik pemeriksaan 

  tersebut dilaksanakan di Kantor maupun di Lapangan.

  Petunjuk ini menjelaskan mengenai langkah-langkah pokok yang harus dipenuhi oleh 

  pemeriksa dalam melaksanakan pemeriksaan.

  Selanjutnya diharapkan agar pemeriksa itu sendiri dapat mengembangkan langkah-langkah 

  tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dalam butir-butir berikut diuraikan 

  mengenai petunjuk persiapan pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan, pembuatan Kertas 

  Kerja Pemeriksaan, dan penyusunan Laporan Pemeriksaan Pajak.



2. PERSIAPAN PEMERIKSAAN.

 2.1. Maksud dan Tujuan.

  Persiapan pemeriksaan adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemeriksa pajak sebelum 

  pemeriksa tersebut melaksanakan pemeriksaan lapangan atau pemeriksaan kantor.

  Maksud dan tujuan melakukan persiapan pemeriksaan adalah agar pemeriksa memperoleh 

  gambaran umum mengenai Wajib Pajak untuk keperluan penyusunan program pemeriksaan 

  yang sesuai untuk memeriksa Wajib Pajak yang bersangkutan.



 2.2. Memperoleh Gambaran Umum.

  Setelah pemeriksa menerima SPP, LP2, berkas Wajib Pajak, berkas data dan berkas KKP 

  (bila ada), maka pemeriksa mempelajari dokumen dalam berkas tersebut, sehingga 

  memperoleh gambaran umum mengenai kegiatan Wajib Pajak antara lain : Mengenai 

  kegiatan usaha, kewajiban pajak-pajak, organisasi dan administrasi perusahaan, direksi, 

  perubahan, status dan sebagainya.



 2.3. Analisa SPT.

  Setelah memperoleh gambaran umum tentang Wajib Pajak maka selanjutnya pemeriksa 

  memusatkan perhatiannya pada SPT. Angka-angka SPT, Daftar Rugi Laba dan lain-lain yang 

  merupakan bahan dasar pemeriksaan hendaknya dianalisis, diperbandingkan dan dipahami 

  isinya dengan sebaik-baiknya antara lain dengan membuat daftar neraca dan daftar rugi laba 

  komparatif.

  Pembuatan daftar neraca dan daftar rugi laba komparatif ini sekurang-kurangnya dibuat untuk 

  tahun pajak yang diperiksa dan tahun pajak sebelumnya, kecuali untuk pemeriksaan khusus 

  yang pada umumnya memerlukan analisis yang lebih luas. Analisis SPT tersebut hendaknya 

  dituangkan dalam kertas kerja Pemeriksaan.



 2.4. Identifikasi Masalah.

  Berdasarkan hasil analisis tersebut di atas, pemeriksa akan menemukan masalah-masalah 

  yang memerlukan perhatian dan pendalaman pada dasarnya merupakan masalah yang akan 

  didalami pemeriksaannya. Selain itu butir 7 LP2 yang bersangkutan, yaitu mengenai 

  masalah-masalah yang menyebabkan SPT tersebut terpilih untuk diperiksa, perlu diperhatikan. 

  Identifikasi masalah yang merupakan pokok permasalahan yang dihadapi dalam pemeriksaan 

  perlu dilaksanakan, karena hal tersebut akan memberikan petunjuk kepada pemeriksa agar 

  mengonsentrasikan pemeriksaannya minimal kepada masalah-masalah tersebut, yang 

  sekaligus akan digunakannya untuk menentukan ruang lingkup pemeriksaan yang dilakukan. 

  Penentuan ruang lingkup pemeriksaan tersebut juga akan sangat bermanfaat apabila di 

  kemudian hari diketemukan data lain yang tidak diketahui oleh pemeriksa pada saat 

  pemeriksaan dilakukan. Identifikasi masalah tersebut agar dituangkan dalam kertas Kerja 

  Pemeriksaan (KKP).



 2.5. Penilaian Pengendalian Intern (Internal Control).

  Dalam mengadakan pemeriksaan kadang-kadang oleh pemeriksa perlu diadakan penilaian 

  terhadap sistem pengendalian intern perusahaan, karena dari sistem pengendalian intern 

  perusahaan dapat diketahui kelemahan dalam pelaksanaan manajemen perusahaan.

  Pelaksanaan penilaian atas sistem pengendalian intern perusahaan, tidak perlu dilakukan 

  seperti pada Kantor Akuntan Publik, yang dalam rangka menentukan ruang lingkup 

  pemeriksaan melakukan pengujian secara mendalam di lapangan.

  Khususnya apabila terhadap Wajib Pajak dilakukan pemeriksaan untuk pertama kali, 

  gambaran atau informasi mengenai sistem pengendalian perusahaan sangat langka.

  Oleh karena itu berdasarkan informasi yang diperoleh dari SPT dalam berkas, maka 

  pemeriksa harus mencoba memperoleh gambaran tentang sistem pengendalian intern 

  perusahaan. Apabila terhadap Wajib Pajak telah dilakukan pemeriksaan untuk beberapa kali, 

  maka dari informasi dalam berkas Wajib Pajak pada umumnya akan dapat diketahui hal-hal 

  yang berkenaan dengan sistem pengendalian intern perusahaan. Dalam melakukan 

  pemeriksaan lapangan, pemeriksa agar melakukan penilaian mengenai sistem pengendalian 

  intern yang hasilnya dituangkan dalam Kertas Kerja Pemeriksaan.



 2.6. Program Pemeriksaan.

  Program pemeriksaan memuat prosedur dan tehnik pemeriksaan yang akan dilakukan. 

  Prosedur dan tehnik pemeriksaan di sini terbatas pada hal-hal yang ada kaitannya dengan 

  identifikasi masalah yang telah ditentukan, sehingga isi program pemeriksaan diharapkan 

  tidak terlalu panjang. Program pemeriksaan tidak perlu dilakukan seperti di Kantor Akuntan 

  Publik yang biasanya dibuat lengkap. Program pemeriksaan pajak cukup memuat prosedur 

  dan tehnik pemeriksaan untuk tiap-tiap masalah yang akan diperiksa saja. Walaupun prosedur 

  dan tehnik pemeriksaan yang dicantumkan dalam program pemeriksaan sangat terbatas, 

  seorang pemeriksa pajak harus menguasai prosedur dan tehnik pemeriksaan yang lengkap, 

  baik dengan methoda langsung maupun methoda tidak langsung.

  Tehnik pemeriksaan dapat dipelajari dari buku-buku Tehnik Pemeriksaan Pajak yang pernah 

  disampaikan pada Latihan Tehnik Pemeriksaan Pajak (LTPP) di Jakarta dan di masing-masing 

  Kanwil.

  Program pemeriksaan tersebut agar dituangkan dalam KKP.



 2.7 Penyediaan Sarana Pemeriksaan.

  Dalam rangka melaksanakan pemeriksaan pajak sesuai dengan ketentuan PP. No. 31 

  tahun 1986, maka sebelum melakukan pemeriksaan lapangan atau pemeriksaan kantor, 

  harus tersedia sarana pemeriksaan sebagai berikut :

  (1) Kartu Tanda Pengenal Pemeriksa,

  (2) Formulir Surat Perintah Pemeriksaan Pajak (SPP),

  (3) Formulir Pemberitahuan tentang Pemeriksaan Pajak (kepada KIP, bila pemeriksaan 

   dilakukan oleh Kanwil/Kantor Pusat),

  (4) Formulir Pemberitahuan tentang Pemeriksaan Pajak (kepada WP),

  (5) Formulir Surat Pernyataan tentang Penolakan Pemeriksaan,

  (6) Formulir Berita Acara Penolakan Pemeriksaan,

  (7) Formulir Permintaan Keterangan dalam rangka Pemeriksaan di bidang Perpajakan 

   (kepada WP),

  (8) Formulir Permintaan Keterangan (kepada pihak ketiga),

  (9) Formulir Surat Pernyataan Penolakan membantu kelancaran Pemeriksaan Pajak,

  (10) Formulir Penyegelan,

  (11) Formulir Berita Acara Penyegelan,

  (12) Formulir Bukti Peminjaman/Pengembalian Buku dan Dokumen,

  (13) Formulir KKP dan LP,

  (14) Formulir Pemberitahuan Hasil Pemeriksaan,

  (15) Formulir Surat Pernyataan mengenai Hasil Pemeriksaan,

  (16) Formulir Surat Pernyataan mengenai Persetujuan Hasil Pemeriksaan.

 

 2.8. Pemberitahuan Pemeriksaan kepada Wajib Pajak.

  Sesuai ketentuan Pasal 4 huruf (b) PP. No. 31/1986, pemeriksa dapat memberitahukan 

  tentang akan dilakukannya pemeriksaaan kepada Wajib Pajak.

  Penyampaian Pemberitahuan tersebut dapat dilakukan sebelum atau pada saat pemeriksaan 

  dilaksanakan.

  Penentuan saat penyampaian Surat Pemberitahuan Pemeriksaan kepada Wajib Pajak 

  tergantung pada tingkat urgensinya yang ditentukan berdasarkan keadaan.

  Khusus pada Wajib Pajak-Wajib Pajak yang tingkat kepatuhannya tinggi, seperti 

  perusahaan-perusahaan go publik, maka Surat Pemberitahuan Pemeriksaan ini sebaiknya 

  disampaikan sebelum pemeriksaan dilakukan.



 2.9. Orientasi Wilayah.

  Sebelum melakukan pemeriksaan di tempat Wajib Pajak petugas pemeriksa lapangan 

  sebaiknya melakukan orientasi wilayah untuk mendapat gambaran yang lebih jelas tentang 

  keadaan lokasi dan usaha Wajib Pajak, dan atau memperoleh informasi dari pihak ketiga.

  Hasil orientasi wilayah kemudian dituangkan dalam KKP.



3. PELAKSANAAN PEMERIKSAAN.

 3.1. Urutan Pelaksanaan Pemeriksaan.

  Pelaksanaan pemeriksaan dimulai pada saat pemeriksa memperlihatkan Tanda Pengenal 

  dan menyerahkan tindasan SPP kepada Wajib Pajak atau wakil atau kuasanya, yang 

  kemudian dilanjutkan dengan melakukan wawancara, melakukan proses pemeriksaan 

  pos-pos Rugi-Laba, Neraca dan bukti-bukti pendukungnya, dan diakhiri dengan akan 

  dibuatnya konsep Laporan Pemeriksaan Pajak.



 3.2. Memperlihatkan Tanda Pengenal dan menyerahkan Tindasan SPP.

  Sebelum pemeriksa kantor atau pemeriksa lapangan memulai tugas pemeriksaannya, maka 

  pemeriksa tersebut pertama-tama harus memperlihatkan Tanda Pengenal dan menyerahkan 

  tindasan SPP kepada Wajib Pajak. Maksud memperlihatkan Tanda Pengenal dan penyerahan 

  tindasan SPP itu adalah agar Wajib Pajak memperoleh kepastian bahwa petugas tersebut 

  adalah pemeriksa yang berwenang untuk melakukan pemeriksaan serta agar Wajib Pajak 

  mengetahui maksud dan tujuan pemeriksaan.



 3.3. Menjelaskan maksud dan tujuan pemeriksaan.

  Langkah berikutnya dengan menjelaskan maksud dan tujuan pemeriksaan itu dilakukan. 

  Dalam hal Wajib Pajak menolak untuk diperiksa, maka Wajib Pajak atau kuasa atau wakilnya 

  harus diminta untuk menanda tangani Surat Pernyataan Penolakan Pemeriksaan.



 3.4. Wawancara.

  Setelah memperlihatkan Tanda Pengenal dan tindasan SPP, maka pemeriksa kemudian 

  mengadakan wawancara dengan Wajib Pajak. Pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan 

  harus dipersiapkan terlebih dahulu agar terarah, efisien dan efektif.

  Dengan melakukan wawancara ini diharapkan diperoleh informasi baru atau tambahan yang 

  akan dapat menunjang pelaksanaan pemeriksaan, yang mungkin dapat menjaring obyek 

  pajak yang sebelumnya tidak termasuk dalam penentuan identifikasi masalah. Hasil 

  Wawancara direkam dalam catatan yang baik serta jelas dan dituangkan dalam KKP.



 3.5. Proses Pemeriksaan Pos Rugi-Laba, Neraca dan Bukti-bukti Pendukung.

  Kegiatan utama suatu pemeriksaan berada pada tahapan ini.

  Pemeriksaan tidak dilakukan terhadap semua pos rugi laba dan neraca serta semua bukti 

  pendukungnya, melainkan dibatasi pada pos-pos tertentu yang mempunyai kaitan dengan 

  identifikasi masalah yang telah ditentukan sebelumnya. Apabila dalam pelaksanaan 

  pemeriksaan terdapat perkembangan yang menunjukkan indikasi adanya koreksi fiskal di luar 

  identifikasi masalah yang telah ditentukan, maka pemeriksaan dapat diperluas sesuai dengan 

  masalah yang dihadapi. Kewenangan pemeriksa dalam melakukan pemeriksaan diatur dalam 

  Pasal 12 PP. No. 31 tahun 1986.

  Tehnik-tehnik pemeriksaan yang dilakukan, pertama-tama adalah tehnik pemeriksaan metode 

  langsung. Dalam hal prosedur pemeriksaan dengan metode langsung ini tidak dapat atau tidak 

  dapat sepenuhnya dilaksanakan, maka selanjutnya digunakan prosedur pemeriksaan dengan 

  metoda tidak langsung. Prosedur pemeriksaan metoda tidak langsung tersebut dapat 

  dipatrapkan terhadap Wajib Pajak yang memilih menggunakan Norma Penghitungan dalam 

  SPT-nya.

  Dalam hal pemeriksaan menggunakan lebih dari satu prosedur pemeriksaan, yaitu prosedur 

  pemeriksaan metoda langsung dan metoda tidak langsung, maka pengambilan kesimpulan 

  atas hasil pemeriksaan kedua metoda tersebut perlu dipertimbangkan dengan seksama. 

  Dalam pelaksanaan pemeriksaan tahapan ini, diharapkan pemeriksa menemukan koreksi 

  fiskal yang didukung oleh bukti-bukti yang kuat dan yang berkaitan berlandaskan ketentuan 

  peraturan perundangan perpajakan yang berlaku.

  Untuk menyakinkan pemeriksa akan hal tersebut, maka koreksi tersebut perlu diuji 

  kebenarannya dengan membicarakannya dengan Wajib Pajak, dengan memperhatikan :

  (1) Berbagai faktor perbandingan,

  (2) Nilai absolut dari penyimpangan,

  (3)  Sifat dari penyimpangan,

  (4)  Bukti/petunjuk adanya penyimpangan,

  (5)  Pengaruh penyimpangan,

  (6)  Hubungan dengan permasalahan lainnya.

  Pertemuan dengan Wajib Pajak untuk keperluan tersebut biasanya terjadi lebih dari satu kali. 

  Pada pertemuan tersebut pemeriksa harus mengusahakan untuk menyakinkan Wajib Pajak 

  mengenai koreksi-koreksi fiskal tersebut. Wajib Pajak pada tahapan ini pada umumnya 

  diwakili oleh Bagian Pembukuan atau kuasanya (Konsulen Pajak, Akuntan Publiknya) atau 

  kuasa lainnya. Semua koreksi yang berbeda antara hasil pemeriksaan dan SPT dituangkan 

  dalam KKP secara jelas dan terinci.



 3.6.  Pemberitahuan Hasil Pemeriksaan kepada Wajib Pajak.

  Bila dari hasil pemeriksaan diketemukan koreksi fiskal yang berbeda dengan yang dilaporkan 

  oleh Wajib Pajak dalam SPT, maka sesuai dengan ketentuan Pasal 4 huruf (f) juncto Pasal 

  14 (2) PP.No.31 tahun 1986, koreksi-koreksi tersebut agar diberitahukan kepada Wajib Pajak. 

  Pemberitahuan tersebut dilakukan secara tertulis dan disampaikan secara resmi pada 

  pertemuan dengan Wajib Pajak. Di dalam pertemuan tersebut Wajib Pajak (apabila diwakili) 

  hendaknya diwakili oleh pimpinan yang berwenang dalam mengambil keputusan yang 

  menentukan mengenai masalah perpajakan. Dalam pertemuan itu oleh pemeriksa dapat 

  diberikan tambahan penjelasan secara lisan. Dalam hal Wajib Pajak setelah diberi penjelasan 

  secukupnya tidak menyetujui koreksi yang dibuat pemeriksa, maka kepada Wajib Pajak 

  diberikan waktu sekedarnya untuk memberikan bukti sanggahan atas koreksi tersebut.

  Dalam pertemuan terakhir dengan Wajib Pajak (= Pertemuan Penutup) atas koreksi hasil 

  pemeriksaan yang disetujui Wajib Pajak, dibuatkan Surat Pernyataan Persetujuan untuk 

  ditanda tangani oleh Wajib Pajak yang bersangkutan.

  Tenggang waktu yang diberikan kepada Wajib Pajak untuk memberikan bukti sanggahan atas 

  koreksi fiskal tidak dihitung sebagai jam kerja pemeriksaan.



4.  KERTAS KERJA PEMERIKSAAN (KKP).

 Dalam setiap pemeriksaan, pemeriksa agar membuat Kertas Kerja Pemeriksaan.

 Kewajiban membuat KKP ini sebenarnya sudah diatur dalam PIPB tahun 1973, namun pelaksanaannya 

 belum diatur secara terinci. KKP merupakan catatan-catatan yang dibuat dan bukti/data yang 

 dikumpulkan sejak saat persiapan pemeriksaan sampai selesainya pelaksanaan pemeriksaan, yang 

 disusun secara sistematis berupa rekaman atas kejadian, hasil analisis data atau gambaran yang 

 diperoleh pemeriksa dalam pelaksanaan tugasnya. Tujuan utama dari penyusunan KKP ini adalah 

 sebagai sarana pertanggung jawaban pemeriksa atas pelaksanaan pemeriksaan dan sebagai bahan 

 pendukung atas koreksi fiskal yang dilakukan. Dengan demikian bila di kemudian hari diadakan 

 pemeriksaan ulang terhadap berkas Wajib Pajak, dengan mudah akan dapat ditelusuri hal-hal yang 

 telah dilakukan dalam pelaksanaan pemeriksaan oleh petugas pemeriksa. Oleh karena itu untuk 

 keperluan pemeriksaan selanjutnya, penyusunan KKP secara baik, tertib dan seragam sangat 

 mutlak/harus dilaksanakan.

 Penjelasan mengenai KKP secara terinci akan disampaikan kepada Saudara dengan segera melalui 

 Surat Edaran tersendiri.



5. LAPORAN PEMERIKSAAN PAJAK.

 Setelah pemeriksaan selesai dilaksanakan, pemeriksa membuat Laporan Pemeriksaan Pajak (LP), 

 yang disusun berdasarkan data-data yang terdapat dalam KKP.

 Tujuan utama Surat Ketetapan Pajak (SKP, SKPT, SKKP, SPb). Dalam PIPB 1973 mengenai LP ini 

 sebenarnya sudah diatur, namun dalam pelaksanaannya, penyusunan LP yang dilakukan oleh 

 pemeriksa ternyata tidak seragam.

 Sebagian besar pemeriksa menggabungkan atau melampirkan KKP-nya pada LP, sehingga LP 

 tersebut terlihat sangat tebal.

 Oleh karena itu perlu diadakan pengaturan lebih lanjut mengenai penyusunan LP, khusus yang 

 menyangkut pemeriksaan SPT PPh Pasal 25/29.

 Dalam LP bentuk baru akan diikuti prinsip penyusunan LP, sebagai berikut :

 (1)  LP harus dibuat terpisah dari KKP-nya.

 (2)  Uraian tentang koreksi dalam LP disusun secara jelas, terinci dan ringkas.

 (3)  Uraian dan kesimpulan didukung oleh atasan dan bukti yang kuat tentang adanya 

  penyimpangan atas peraturan perundangan perpajakan.

 (4)  Koreksi yang menyangkut lebih dari satu tahun harus didukung oleh lampiran yang lengkap 

  dan terinci.

 Pengaturan lebih lanjut mengenai LP akan disampaikan kepada Saudara melalui Surat Edaran 

 tersendiri.



6.  DAFTAR KESIMPULAN HASIL PEMERIKSAAN (DKHP)

 Sejak diperkenalkannya sistim penugasan pemeriksaan melalui sarana LP2, maka formulir DKHP 

 menjadi satu dengan Lembar Penugasan Pemeriksaan (LP2).

 Bila pemeriksaan telah selesai dan LP sudah disetujui, maka pemeriksa selanjutnya mengisi 

 formulir DKHP. Setelah LP (yang disertai DKHP) ditandatangani oleh atasan pemeriksa maka asli 

 DKHP selanjutnya dikirimkan ke Kantor Pusat. Dari DKHP-DKHP oleh Kantor Pusat akan disusun 

 daftar Informasi Hasil Pemeriksaan (DIHP) yang nantinya akan digunakan sebagai dasar pengambilan 

 keputusan di bidang pemeriksaan. Karena fungsi DKHP ini sangat penting, maka perlu di adakan 

 pengawasan atas ketepatan dan kelengkapan pengisian DKHP. Tata cara pengisian DKHP, 

 pengirimannya dan lain-lainnya yang lebih terinci, dapat dibaca kembali dalam Surat Edaran Seri 

 Pemeriksaan 20.



7. PEMBUATAN NOTA PENGHITUNGAN DAN PENGEMBALIAN BERKAS WAJIB PAJAK.

 Setelah LP disetujui dan ditanda tangani serta DKHP-nya diselesaikan, maka sebagai langkah 

 selanjutnya pemeriksa membuat Nota Penghitungan. Nota Penghitungan ini akan digunakan sebagai 

 dasar penerbitan Surat Ketetapan Pajak (SKP, SKPT, SKKP, SPb). Pembuatan Nota Penghitungan 

 atas LP Kanwil ataupun Kantor Pusat dilakukan oleh pemeriksa di Indonesia Pajak pada Seksi AKPB, 

 yang ditunjuk oleh KIP/Kasi AKPB. Dalam hubungan ini KIP perlu memperhatikan agar Surat 

 Ketetapan Pajak segera diterbitkan setelah LP disetujui.



8. LAIN-LAIN.

 Tindakan yang diuraikan di atas merupakan hal-hal yang perlu diingatkan kembali kepada 

 pemeriksa dalam melakukan pemeriksaan pajak, karena selama ini masih kurang mendapat perhatian. 

 Selain hal-hal tersebut, dalam melakukan pemeriksaan pajak para petugas harus menguasai 

 ketentuan-ketentuan mengenai Tata Cara pemeriksaan di bidang perpajakan yang diatur dalam UU. 

 No. 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum Perpajakan dan PP.No.31 tahun 1986 tentang Tata Cara 

 Pemeriksaan di bidang Perpajakan, khususnya mengenai :

 (1)  Norma Pemeriksaan yang menyangkut Pemeriksa, pelaksanaan pemeriksaan dan Wajib 

  Pajak. Uraian yang lebih terinci mengenai Norma Pemeriksaan ini dapat pada Pasal 4, 5. 6, 

  PP. No. 31 tahun 1986.

 (2)  Pedoman Umum Pemeriksaan Pajak. Uraian yang lebih terinci dapat dilihat pada Pasal 8 PP. 

  No. 31 tahun 1986.

 (3)  Hal-hal yang perlu ditempuh Wajib Pajak atau Wakil atau Kuasanya tidak ada di tempat suatu 

  pemeriksaan dilaksanakan, pemeriksaan di tunda, Wajib Pajak menolak untuk diperiksa, 

  Wajib Pajak menolak membantu kelancaran pemeriksaan. Uraian mengenai hal tersebut di 

  atas dapat dilihat pada Pasal 13 PP. No. 31 tahun 1986.

 (4)  Tindak lanjut apabila dalam pemeriksaan ditemukan bukti permulaan tentang adanya tindak 

  pidana di bidang perpajakan.

  Uraian yang lebih terinci mengenai hal ini dapat dilihat pada Pasal 15 PP.No. 31 tahun 1986 

  serta Surat Edaran No. SE-17/PJ.6/1987 tanggal 1 Agustus 1987 (Seri Pemeriksaan - 10) 

  dan No. SE-03/PJ.56/1988 tanggal 12 Januari 1988 (Seri Pemeriksaan - 28)



Demikian untuk diketahui dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search